Lifestyle

6 Tips Menggelar Pesta Pernikahan Dengan Anggaran Yang Terbatas

Kamis, 01 April 2021   12:56


...


Pesta pernikahan tidak hanya soal hidangan, dekorasi yang menarik dan acara yang berjalan dengan lancar. Musik dan katering adalah hal yang sering menjadi biaya tak terkendali. Bila anda tidak ingin menghabiskan banyak biaya untuk pesta pernikahan anda bisa mengadakan pesta dengan sedikit kreativitas dan perencanaan yang matang agar para tamu merasa puas.

Berikut bebrapa tips menggelar pernikahan dengan anggaran yang terbatas :

1.       Mulai dengan mempersiapkan dana pesta

Untuk menghindari beberapa masalah seperti salah memperkirakan anggaran biaya pernikahan dan biaya tersebut menjadi sangat mahal, jadi perlu dilakukan untuk membagi biaya anggaran untuk beberapa kategori seperti makanan, hiburan, dekorasi, dan lain sebagainya. Hal yang perlu dilakukan adalah menetapkan batas realistis untuk setiap kategori.

2.       Jangan ragu untuk meminta bantuan

Meminta bantuan teman atau kerabat jadi pilihan selain menyewa perencana acara atau wedding organizer. Meminta bantuan juga akan meringankan beban anda ketika mempersiapkan acara, misal ada teman anda yang berprofesi sebagai musisi anda dapat memintanya untuk tampil dalam pesta atau teman anda yang memiliki usaha katering tidak ada salahnya jika anda meminta bantuan untuk mempersiapkan makanan.

Semakin banyak pihak yang ikut terlibat dalam acara maka mempersiapkan acara pernikahan pun akan semakin ringan untuk dilakukan.

3.       Berpikir kreatif untuk membuat dekorasi

Untuk menghemat beberapa pengeluaran, anda bisa memanfaatkan barang sekitar yang bisa dijadikan sebagai dekorasi pesta misal seperti vas bunga atau tanaman hias yang dimiliki. Cara ini bisa menghemat biaya namun mampu membuat pesta anda akan tetap meriah.

4.       Waspada terhadap pengeluaran makanan

Pilihlah jenis makanan yang disukai banyak orang dan perhatikan dengan baik rasa hidangan makanan tersebut. Sebelum mengadakan pesta persiapkan dengan mencicipi makanan yang hendak disajikan, perkirakan jumlah makanan yang akan disajikan dengan tamu yang akan hadir agar jumlah makanan tidak terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak agar pengeluaran tidak membengkak dan makanan tidak ada yang terbuang sia-sia.

5.       Apakah perlu mengundang DJ atau Band yang mahal?

Anda tidak perlu mengundang DJ atau Band yang mungkin akan menambah beban biaya pernikahanmu, anda bisa menciptakan suasana yang sempurna dengan membuat playlist lagu hanya menggunakan aplikasi musik online. Namun cara ini biasanya hanya dilakukan untuk pesta biasa, bukan seperti pesta pernikahan yang megah.

6.       Mulai mendanai untuk mempersiapkan dana pesta

Mulailah dengan menabung untuk dana pesta agar tidak merasa terbebani dengan biaya pesta. Menabung dengan pasangan misal mungkin akan lebih meringankan beban bila menabung sendiri.

Cara diatas menunjukkan bahwa pesta pernikahan tidak harus selalu mengeluarkan banyak biaya yang mahal. Dengan bantuan beberapa kerabat dan teman dekat, anda sudah bisa mendapatkan pesta yang menarik bagi banyak orang atau tamu.



Artikel lainnya