Lifestyle

FAKTA TENTANG KUE PERNIKAHAN ATAU WEDDING CAKE

Kamis, 28 Oktober 2021   07:43


...


Sudah tahu fakta kue pernikahan? Keberadaan kue pengantin di dalam momen international wedding memang sudah tidak bisa dilepaskan lagi. Bahkan babak memotong kue kerap kali menjadi momen paling ditunggu-tunggu oleh para undangan yang sudah hadir. Itulah mengapa, tidak jarang banyak orang dating ke acara pernikahan hanya karena ingin melihat proses pemotongan kue tersebut.

Dari sekian banyaknya konsep pernikahan yang ada, konsep international wedding ternyata masih menjadi pilihan banyak orang. Salah satu keunikan dari gaya pernikahan tersebut adalah adanya kue pernikahan dimana menjadi hal wajib. Inilah yang membedakan pernikahan adat dengan gaya international tersebut.

 

FAKTA SEPUTAR KUE PERNIKAHAN

Karena menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah upacara pernikahan international, maka tidak jarang pasangan akan memilih kue yang terbaik. Terlebih lagi ini akan menjadi momen paling mengesankan dan tidak terlupakan seumur hidup anda dan pasangan. Selain itu, anda tentunya juga tidak ingin membuat tamu yang hadir merasa kecewa bukan?

Keberadaaan kue pengantin memang menjadi salah satu hal yang sudah tidak bisa dipisahkan dengan acara pernikahan terutama berkonsep internasional.

Berbicara mengenai kue pernikahan, apakah anda sudah tahu ternyata terdapat sejumlah fakta unik dibaliknya. Nah, berikut ini fakta kue pernikahan yang wajib untuk anda ketahui :

1.      Sudah Ada Sejak Jaman Romawi Kuno

Tradisi kue pengantin ternyata sudah ada sejak jaman romawi kuno dulu. Pada saat itu, kue tidak disajikan untuk dimakan melainkan buat dihancurkan kemudian akan langsung dilemparkan pada tubuh mempelai.

Berdasarkan buku berjudul wedding inspiration yang dicetuskan oleh Tina Adrean menyebutkan bahwa kue pengantin tersebut berasal dari tradisi masyarakat romawi kuno dimana senang memecahkan roti di atas mempelai Wanita. Adapun tradisi tersebut merupakan sebuah benuk pengharapan.

2.      Royal Icing Dicetuskan Tahun 1840 Oleh Ratu Victoria

Pada abad ke-19 ternyata mulai terdapat aturan baru dalam kue tersebut. Dimana kue tersebut harus bertingkat serta mempunyai warna putih. Icing putih untuk kue tersebut pertama kali ada pada 1840 dimana diberi nama royal icing.

Dan pada tahun 1882, semua bagian dari kue bertingkat tersebut dapat dimakan. Ini tentu menjadi pertama kalinya kue pengantin di acara pernikahan kerjaan dapat dimakan.

3.      Terdapat Makna Dibalik 3 Tigkat Kue

Fakta lainnya adalah terdapat makna dibalik 3 tingkat dari kue pernikahan. Dimana untuk tingkat paling bawah akan dikonsumsi di acara pesta pernikahan dan tingkat kedua untuk dibagikan selama acara berlangsung. Tapi di abad 19 berubah lagi dimana tingkat kue yang paling atas akan disimpan dahulu untuk acara pembaptisan anak pertama.

Tetapi di abad 20 dan 21, arti dari kue di tingkat atas ternyata bergeser yakni disimpan buat hari ulang tahun pernikahan untuk yang pertama kalinya.

4.      Dibuat Dari Roti Gandum dan Pai

Sebagian besar dari anda pasti penasaran bukan bagaimana awal kue nikah dibuat? Nah ternyata awalnya kue tersebut dibuat dari roti gandum dan pai. Sebab orang Romawi memang suka dengen kesederhanaan. Di abad pertengahan, kue pernikahan ternyata mempunyai ukuran lebih kecil tetapi dengan tingkat lebih banyak.

5.      Bergeser dari Kue Asli ke Dummy Cake

Tren kue pengantin inipun akhirnya berubah beberapa tahun belakangan ini. Sebab kue pernikahan yang dulunya menjadi symbol keberuntungan serta kesuksesan pengantin sudah tidak asli lagi. Dummy Cake ternyata lebih digemari di Indonesia sebab harganya cukup murah.



Artikel lainnya