Edukasi Nikah

Ini Tips Memilih Tanggal Pernikahan Yang Tepat

Senin, 14 Desember 2020   19:00


...


Ketika anda dan pasangan sepakat untuk menikah, langkah selanjutnya untuk menentukan kapan anda berdua akan menikah. Untuk itu sebagai calon pengantin, anda, pasangan, serta keluarga besar akan memilih tanggal utama dan tanggal alternatif sekiranya tempat pesta pernikahan yang anda inginkan tidak gtersedia di tanggal tersebut.

Tanggal pernikahan menjadi tanggal istimewa dan memilih tanggal istimewa ini tentunya tidak mudah. Ada aturan-aturan yang harus diikuti untuk sebagian besar calon pengantin, misal orang yang menyarankan jika harinya tepat, jangan memilih tanggal 13 atau jangan tanggal 4 atau jangan tanggal dengan kelipatan angka ini atau bulan ini dan bulan itu. Semua aturan akan menjadikan anda berdua pusing dan akhirnya bingung. Berikut tips untuk menentukan tanggal istimewa yang dapat anda ikuti untuk menjadikan hari istimewa kenangan yang selalu diingat :

1.       Jangan mepet

Pastikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan sebuah pesta pernikahan. Waktu yang ideal adlah enam hingga 12 bulan kecuali jika memang anda menginginkan pesta kecil dan sederhana.

2.       Tangal istimewa

Lihatlah tanggal-tanggal akhir pekan pada bulan dimana anda merencanakan pesta pernikahan. Kemudian pilihlah beberapa tanggal untuk kemudian dipilih satu tanggal yang kira-kira mempunyai arti bagi anda berdua.

3.       Tanggalan merah di hari biasa ?

Anda mungkin bisa mendapatkan venue dengan harga yang lebih bersahabat daripada melangsungkan pesta di akhir pekan. Apalag di saat bulan-bulan pesta pernikahan banyak dilangsungkan.

4.       Budget

Pemilihan venue mungkin menjadikan budget sangat penting, kecuali bila mengadakan dirumah sendiri. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih tanggal dimana bulan-bulan pesta pernikahan tidak banyak dilangsungkan. Mungkin gedung atau hotel impian anda masih kosong di tanggal tersebut dan vendor-vendor pernikahan lain bisa memberikan anda harga istimewa di tanggal sepi pernikahan.

5.       Aspek lain

Jangan pilih tanggal saat anda belum menyelesaikan deadline pekerjaan, jangan memilih tanggal dan tempat outdoor apabila berada di musim hujan. Disisi lain, anda juga memikikirkan ketersediaan waktu dari keluarga atau teman penting yang tinggal diluar kota atau luar negeri.



Artikel lainnya