Edukasi Nikah

Tips Merancang Pernikahan New Normal agar Tetap Artistik dan Berkesan

Senin, 19 April 2021   14:54


...


Selama masa pandemi, beberapa calon pasangan pengantin harus mengubah konsep pernikahan menjadi lebih kecil, bahkan sampai ada yang menundanya hingga tahun depan. Kini kita memasuki fase new normal, di mana semua orang bisa beraktivitas kembali sambil terus mengoptimalkan kesehatan dan kebersihan diri, serta berjaga jarak. Hal ini tentunya masih berdampak pada acara pernikahan. Hari bahagia pun akan diselenggarakan secara berbeda dan tidak seperti dahulu lagi.

Namun, perubahan ini bukan berarti berita buruk untuk para calon pengantin di luar sana. Para pasangan pengantin tetap akan bisa merayakan janji sucinya dengan lebih berkesan. Berikut adalah beberapa ide untuk pernikahan new normal yang dapat menjadi inspirasi Anda!

1. Microwedding yang intim

Microwedding atau pernikahan berskala kecil kini menjadi sebuah tren baru dalam industri pernikahan. Pernikahan yang diselenggarakan secara intim membuat Anda akan merasa lebih dekat dengan keluarga dan kerabat terdekat di hari bahagia Anda. Jumlah tamu yang lebih sedikit juga meminimalisir kontak fisik dengan orang lain.

 

2. Masker & sarung tangan pengantin yang senada

Memakai masker ketika keluar rumah merupakan kewajiban yang harus diterapkan semua orang di era new normal ini. Bahkan, pasangan pengantin pun wajib menggunakan masker. Tidak hanya itu, mempelai juga akan bersentuhan dengan tamu undangan yang hadir. Meskipun gaya bersalaman dengan tamu bisa digantikan dengan namaste, alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan sarung tangan. Saat ini, semakin banyak desainer yang menyediakan set busana pengantin beserta masker dan sarung tangan yang senada.

 

3. Foto grup unik

Siapa bilang physical distancing dalam foto pernikahan tidak bisa terlihat artistik? Dengan pose yang unik walaupun berjarak, foto grup Anda bersama dengan keluarga, kerabat, atau bridesmaid dan groomsmen lebih menyenangkan serta menghasilkan foto yang unik.

 

4. Romantisnya seated wedding

Konsep pernikahan seated wedding akan lebih diminati oleh para calon pengantin karena tidak menimbulkan antrian dan peralatan makan tidak terpegang oleh banyak tangan. Makanan yang disediakan juga akan langsung diberikan kepada tamu sehingga lebih higienis. Selain itu, kursi para tamu akan dibuat lebih berjarak, biasanya satu meja makan terdiri dari 10 kursi, kini menjadi empat sampai lima kursi saja.

 

5. Cairan pembersih tangan dengan kemasan cantik

Menjaga kebersihan tangan akan menjadi hal utama bagi seluruh hadirin yang datang dalam suatu pernikahan. Menyediakan sebuah tempat untuk hand sanitizer, cairan pembersih serba guna, atau sabun cuci tangan sangatlah disarankan untuk pernikahan new normal. Calon pengantin bisa menanyakan kepada wedding organizer soal vendor yang bisa menyediakan kemasan yang apik serta menyusun penataan cairan pembersih ini agar menarik dan serasi dengan dekorasi. Tidak hanya itu, produk cairan pembersih tangan akan menjadi suvenir yang semakin populer, apalagi dengan kualitas dan desain botol yang bagus agar para tamu dapat mengisi ulang hand sanitizer mereka.

 

6. Pondokan atau makanan kemasan

Mungkin masih banyak pasangan yang tetap menginginkan konsep standing party daripada seated wedding. Jika Anda adalah salah satunya, display makanan dengan pondokan lebih disarankan daripada prasmanan. Makanan pondokan terbilang lebih higienis karena makanan langsung dituangkan ke piring Anda oleh staf katering. Akan tetapi, wedding organizer Anda harus selalu memastikan physical distancing di antara para tamu ketika mengantri. Untuk lebih amannya, Anda juga bisa mempertimbangkan opsi makanan dalam kemasan kotak untuk para tamu nikmati di rumah masing-masing.

 

7. Pesta outdoor

Pernikahan outdoor akan semakin dipilih oleh calon pasangan pengantin karena ventilasi udara yang jauh lebih sehat daripada ruangan tertutup terlebih lagi untuk durasi acara pernikahan yang lebih dari tiga jam. Pastikan Anda menyediakan area untuk mencuci tangan, selain di kamar kecil umum, yang mudah dijangkau oleh para tamu. Sediakan dua atau tiga keran cuci tangan yang disebar di beberapa sudut, seperti dekat pelaminan dan dekat katering, untuk mencegah penumpukan antrian.

 

8. Undangan digital

Undangan digital akan menjadi unsur wajib dalam daftar persiapan calon pengantin. Selain biaya yang dikeluarkan lebih hemat, undangan digital juga lebih higienis untuk para undangan karena tidak perlu diberi cairan pembersih dahulu, seperti undangan fisik, untuk membaca pesannya. Anda bisa mencari vendor undangan digital.

 

9. Angpao non-tunai & hadiah yang dikirim

Pemberian uang hadiah atau angpao yang dilakukan dengan m-banking atau QR code akan semakin populer karena meminimalisir sentuhan. Anda bisa menyampaikan informasi ini pada undangan maupun di meja penerima tamu. Selain itu, wedding registry juga akan semakin diminati. Wedding registry merupakan daftar barang kebutuhan yang dibuat oleh calon pengantin sebagai referensi untuk para undangan ketika mencari hadiah untuk Anda dan pasangan. Pemberian hadiah juga semakin mudah karena semakin banyak toko online dan dapat langsung dikirimkan ke rumah kedua mempelai. Hadiah yang diberikan biasanya berupa kebutuhan rumah tangga, seperti elektronik rumah tangga, perabotan, dekorasi, atau bisa juga berupa voucher bulan madu.

 



Artikel lainnya