Fun Fact

Barang yang wajib hadir di Seserahan Adat Jawa

Sabtu, 13 November 2021   03:46


...


Seserahan adalah prosesi yang tidak boleh dilewatakan dalam pernikaahan adat Jawa. Seserahan melambangkan tanggung jawab calon mempelai pria kepada Wanita yang dipinangnya. Barang-barang apa saja yang harus dipersiapkan pihak calon mempelai pria untuk seserahannya? Yuk simak pembahasannya.

1.       Kebutuhan Calon Pengantin Wanita

Perhiasan, pakaian, tas, sepatu, alat rias dan perawatan diri adalah barang-barang kebutuhan pokok pengantin Wanita. Para calon pengantin pria bisa mendiskusikan secra spesifik terlebih dahulu tentang merk dan jenis yang disukai oleh pasangannya. Bahkan, saat ini sudah lumrah calon pengantin Wanita memilih bahkan membeli seserahan itu sendiri. Sesuai dengan kesepakatan antara kamu dan pasangan ya.

 

2.       Kain Batik & Stagen

Dalam adat Jawa, memberikan kain batik sebagai seserahan melambangkan harapan agar suami dan istri slaing menyimpan rahasia. Sedangkan, stagen mengibaratkan tekad yang kuat dalam berumah tangga.

 

3.       Daun Sirih dan Buah-Buahan

Satu set daun sirih bermakna doa untuk keselamatan dan kebahagiaan calon memepelai dalam kehidupan barunya. Sementara, buah-buahan menyimbolkan kesejahteraan tidak hanya bagi pengantin, melainkan juga keluarga dan kerabat sekitarnya.

 

4.       Jajanan Pasar

Kue tradisional yang mayoritas berbahan dasar ketan seperti wajik, lemper, jadah, jenang, dan sebagainya melambangkan harapan agar kedua pengantin tetap “lengket” dalam pernikahan hingga akhir hayat.

 

Nah, itu tadi beberapa makna dalam item-item yang ada di dalam seserahan. Seserahan bukan hanya wujud persembahan dari calon pengantin pria kepada calon pasangannya. Namun, barang-barang yang termasuk dalam seserahan dalam adat Jawa memiliki arti tersendiri.



Artikel lainnya